Cerita Misteri Hantu Menyeramkan Lengkap Update

Macam-macam Mikroskop dan Penjelasan

Macam-macam Mikroskop Penjelasan Kumpulan Definisi Pengertian Opini Cara Kerja JenisArdi33.net - Macam-macam mikroskop termasuk dalam salah satu bahasan kita kali ini. Karena mikroskop adalah alat yang sering digunakan para saintis atau para pelajar untuk mengamati benda kecil. Namun sekarang kita akan membahas macam-macam mikroskop dan penjelasannya.

Macam-macam Mikroskop setelah Pengertian

Penglihatan manusia ada batasnya. Tanpa alat bantu, kita tidak dapat melihat benda berdiameter 0,1 mm seperti sel, jaringan, dan berbagai organisme kecil lainnya. Untuk melihat benda berukuran kecil tersebut kita memerlukan suatu alay yang biasa disebut dengan mikroskop.

Macam-macam Mikroskop dan Penjelasan

Secara umum, mikroskop dapat dibedakan atas mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Penamaan macam-macam mikroskop tersebut diberikan berdasarkan sumber pembentukan bayangan yang digunakan. Mikroskop cahaya menggunakan cahaya sebagai sumber pembentukan bayangan, sedangkan mikroskop elektron menggunakan elektron.
  1. Mikroskop Cahaya
    Sebuah mikroskop cahaya dapat memperbesar penglihatan kita menjadi 1.000 kali. Adanya pembesaran demikian menyebabkan objek berdiameter 0,2 mikrometer dapat kita lihat.

    Meskipun sudah 300 tahun berlalu semenjak mikroskop ditemukan, sampai saat ini standar mikroskop cahaya tetap berdasarkan pada prinsip-prinsip optik. Mikroskop yang anda gunakan sekarang sama baiknya dengan yang digunakan oleh Schleiden, Schwann, dan Virchow, penemu teori sel pada pertengahan abad ke-19. Mikroskop tersebut jauh lebih baik dari mikroskop yang pertama kali digunakan oleh Robert Hooke, orang yang pertama kali menggunakan istilah sel.
  2. Mikroskop Elektron
    Masalah yang mendasar dari mikroskop cahaya adalah keterbatasannya dalam mengubah kemampuannya. Objek yang berukuran lebih kecil dari 0,2 mikrometer tidak dapat dilihat degan jelas melalui mikroskop cahaya. padahal sebagian besar sel adalah berukuran kecil.

    Kira-kira 50 tahun yang lalu, para ahli biologi telah menyadari bahwa mikroskop dapat dibuat dengan menggunakan elektron sebagai sumber pembentukan bayangan. Secara teori, kemampuan mikroskop elektron 100.000 kali lebih baik daripada mikroskop cahaya. Hal tersebut disebabkan karena elektron memiliki panjang gelombang 0,005 nanometer atau seratus ribu kali lebih kecil dari panjang gelombang cahaya.

    Mikroskop elektron dapat memperbesar kemampuan penglihatan kita sampai 1 nanometer. Pada level ini memungkinkan kita untuk dapat melihat protein khusus atau molekul asam inti. Pada umumnya, mikroskop elektron ada dua macam, yaitu transmission electron microscope (TEM) dan scanning electron microscope (SEM).
    1. Transmission electron microscope (TEM)
      TEM atau mikroskop elektron transmisi sebenarnya adalah sebuah tabung televisi tegak dengan sumber pancaran elektron berada pada bagian atas dan layar pada bagian bawah. Pancaran elektron dapat dipercepat dengan voltase tinggi. Tabung tersebut harus dalam keadaan hampa udara sehingga elektron dapat melewatinya tanpa rintangan.
    2. Scanning electron microscope (TEM)
      Mikroskop ini hampir sama dengan TEM, hanya saja gambar/bayangan yang dihasilkan oleh SEM adalah berupa gambar tiga dimensi. Pada SEM ini gambar dibentuk dengan cara pantulan elektron.
Nah, setelah mengetahui macam-macam mikroskop beserta penjelasannya di atas saya harap anda akan lebih tambah wawasan pengetahuan tentang mikroskop. Banyak sekali yang membahas tentang pengertian serta macam-macam mikroskop jadi anda harus mendapati semua kesimpulan dari berbagai macam opini.
Peringatan Pelanggaran Hak CiptaAwas!! Baca Pelanggaran Hak Cipta atau anda akan saya laporkan jika sengaja meng-copas!!
Related Posts

Artikel Bagus

Copyright © 2010-2099 - Simpel Sangar Black Template by Ardi Bloggerstranger - Blogiztic. All rights reserved.
Valid HTML5 and CSS Type 3 by ardi33